Jumat, 05 Februari 2010

singkatan dan istilah internet

*World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna.

*HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW).lebih mudahnya adalah meminta atau menjawab antara client dan server.

*HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML

*Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan channel 11 PT.

*TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah salah satu jenis protokol* yg memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu network (jaringan).

*pop mail server berfungsi agar email kita dapat dibuka melalui aplikasi mail client berupa Outlook Express. Menggunakan protokol pop3

*Meta Tag adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang dipakai untuk mengaplikasikan metadata dalam suatu halaman web,contoh :




*Search engine atau mesin pencari adalah sarana gratis yang anda dapat manfaatkan untuk mencari informasi di Internet. Alat bantu pencari informasi ini berfungsi seperti kartu katalog di perpustakaan.contoh: google.com, yahoo.com, dll

*bagian-bagian email: - id = merupakan alamat email (####@yahoo.com)
- username = nama panggilan
- cc = alamat kedua jika alamat pertama salah
-spam = menyimpan email masuk, supaya lebih aman

*Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server,contoh smtp popular
* Telkomnet/Speedy: stmp.telkom.net
* Fastnet/First Media/Kabelvision: mail.fast.net.id
* Indosat: smtp.indosat.net.id
* Biznet: smtp.biz.net.id
* Net-zap: smtp.net-zap.com
* Indonet: smtp.indo.net.id
* Uninet: smtp.uninet.net.id
* Linknet: mail1.link.net.id
* CBN: smtp.cbn.net.id
* Mynet: smtp.mynet.co.id
* Jetcoms: smtp.jetcoms.net
* NusaNet: smtp.nusa.net.id
* Wasantara: jakarta.wasantara.net.id
* Radnet: smtp.rad.net.id
* MelsaNet: smtp.melsa.net.id
* MitraNet: mail.mitra.net.id
* Centrin: mail.centrin.net.id
* VisionNet: pluto.vision.net.id
* Infoasia: smtp.infoasia.net
* Pacific: smtp.pacific.net.id
* Dnet: dnet.net.id

*DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer,

*Internet (Inter-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan.

Review dan Evaluasi penjualan

Review dan Evaluasi penjualan

Setelah kita berusaha menjual produk kita kepada orang-orang yang kita temui, ada baiknya kita melihat lagi “kenapa mereka mau membeli dan kenapa mereka tidak mau membeli?”
mereka mau membelinya karena mereka membutuhkan produk kita, selain membutuhkan rasa ingn tahu pembeli juga bisa membuat produk kita terjual, mempengarui pembeli dan mampu menjelaskan keunggulan produk kita termasuk keamanan dan kesehatan produk yang kita jual (makanan/minuman).

“perasaan kita saat produk kita terbeli dan tidak terbeli?”
tentunya sama dengan kebanyakan orang yang mendapat uang, kita pasti sangat senang jika produk kita terbeli. Selain mendapatkan uang, kita juga senang karena kita mendapatkan sesuatu atau pengalaman baru, setelah berusaha keras memasarkan produk, kita bisa merasakan hasil dari kerja kita tadi. Tapi tentunya kita tidak boleh berhenti sampai disini, karena masih banyak tugas lagi yang harus diselesaikan, jangan berhenti berusaha ketika kita senang, pikirkan konsumen kita, memberikan inovasi-inovasi baru bagi konsumen itu jauh lebih baik,
kita tidak boleh menyerah ketika produk kita tidak terjual, bukan berarti ini adalah kegagalan, memang kebanyakan orang menganggap kita gagal jika kita bisa menyelesaikan misi, tapi lihatlah dari sisi pengalaman, dengan ditolak mungkin kita bisa merubah gaya penjualan kita, lebih baik ditolak tapi mendapatkan lebih banyak pelajaran dan berubah dari pada terjual tanpa usaha dan pelajaran yang membuat kita menjadi lebih baik, kerana menurut saya seorang entrepreneur dilihat dari usaha untuk menjadi lebih baik.
“kenapa bule tidak membeli sama sekali produk kita?”
bukan hal yang baru jika bule tidak suka makanan yang diolah dengan cara goreng-menggoreng, menurut saya mereka bisa memilih mana makanan yang pantas dimakan dan tidak dimakan, misalnya kerupuk yang diolah dengan cara digoreng, selain digoreng mereka juga melihat manfaat dari kerupuk itu, apakah kerupuk memiliki karbohidrat yang mengenyangkan? apakah ada vitamin penting didalamnya? Kalau kita lihat dari kemasannya juga sederhana, sehingga mereka tidak melihat apa bagusnya produk ini.
“Ide tentang produk?”
karena produk yang diberikan (kerupuk) ini termasuk mahal, yaitu Rp 20.000,00 per bungkusnya dan itu pun masih biaya modal, kami berencana untuk menjual kerupuk dalam bentuk kemasan kecil supaya lebih murah dan untung, selain itu kami ingin menjual produk dengan pasangannya. Misalnya, menjual kerupuk kepada pedagang makanan yang biasanya dimakan dengan kerupuk. Selain itu kami ingin membuat kerupuk dengan bentuk yang berbeda, jika biasanya hanya lingkaran atau stick, kami ingin membuat kerupuk berbentuk alphabet supaya bisa terlihat lucu dan menarik. Sayangnya kita tidak diperlihatkan dulu apa yang akan kita jual, sehingga membuat kami tidak bisa menghias produk yang akan kami jual.
“Ide lain tentang apa yang harus kita jual”
sebenarnya ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum kita menentukan barang apa yang harus kita jual disituasi itu. Misalnya kebiasaan mereka, suhu, makanan adat, suasana, dan lain-lain. Kalau kita di bali (panati) kita lihat dulu suasananya, ketika dipantai biasanya panas, butuh makanan/minuman yang instan, dan santai. Maka kita harus menjual makanan/minuman yang dingin dan siap saji. Akankah sangat bagusnya kalau kita menjual es oyen, selain dingin juga ada banyak isinya, itu membuat mereka tertarik mencicipi isinya, disin kita buat isi yang sehat misalnya buah, selain terlihat ramai produk ini juga menyegarkan dan sehat, kalaupun kita harus menjual barang khas dari tempat kita tinggal (sidoarjo) lebih baik kita menjual soufenir seperti pin yang terdapat gambar-gambar kota kita sehari-hari seperti suasana pasar kita, dari situ banyak hal yang bisa kita dapatkan. Misalnya, mengenalkan kota kita kepada orang lain, dan mempromosikan kota kita supaya ramai oleh touris-touris, kalau kota kita ramai oleh touris itu juga mempengaruhi pendapatan dan pekerjaan kepada orang-orang yang ada di kota kita. Banyak kan masnfaatnya?

Setelah kita berusaha keras untuk menjadi penjual yang baik, tentu saja ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil dan banyak pula kegagalan yang kita lakukan, tidak sedikit orang yang putus asa setelah gagal, dari sini kita bisa mengevaluasi

“bagaimana cara kita memotivasi diri kita setelah gagal?”
kalau ada pepatah mengatakan ADA BANYAK JALAN MENUJU KE ROMA. Itu tidak salah, berarti banyak juga jalan menuju tempat yang lebih baik,
bertanya kepada orang yang lebih tahu tentang hal apa yang harus saya lakukan dan apa jalan keluarnya. (bukan berarti kita tidak bisa menyelesaikan masalah, tapi kita masih dalam proses memperbaiki)
Meng-expresikan apa yang mengganjal kita. Misalnya kita ingin berterak, teriaklah yang kencang ditempat yang kita suka, misal di puncak pegunungan yang sejuk, jika kita ingin melupakan sejenak beban kita, maka hilangkan lah, intinya lakukan apa yang anda inginkan, jangan memilih hal yang menjerumuskan.
Hindari hal-hal yang akan membuat masalah.
Berkumpul dengan teman dekat dan bercanda.
Mempelajari biografi orang-orang yang sukses.
Mengevaluasi sebuah kejadian
dan masih banyak yang lain yang bisa kita lakukan, sementara hal di atas sudah bisa mengembalikan semangat saya untuk berusaha lebih keras lagi.
“contoh entrepreneur yang ada di Bali”
saya tidak bisa menyebutkan siapa mereka, karena menurut saya pribadi, seorang entrepreneurship tidak bisa dilihat dari materi yang ada, siapa yang mengira kalau pedagang kaki lima yang menjual minuman dan makanan itu adalah calon entrepreneur, karena kita baru bisa menyebut dia adalah seorang entrepreneur ketika kita tahu usahanya. Mungkin sampai saat ini yang saya tahu adalah seorang pedagang sederhana yang berhasil menjual nasi campur yang ada di pantai Kuta, saat itu ketika saya berpikir tentang bagaimana cara menjual kerupuk ini? Ada teman saya yang saya lihat hampir putus asa hingga pasrah dengan takdir. Mereka lapar dan memutuskan untuk membeli makanan untuk mengisi perut mereka, akhirnya saya ikuti mereka, tetapi saya hanya kehausan, saat itu saya hanya membeli teh yang juga dijual oleh pedagang yang saya sebutkan tadi, dari pada nganggur tanpa misi yang harus saya lakukan, lebih baik saya berpikir agar kerupuk kami ini laku, tapi tiba-tiba pemilik pedagang itu marah melihat anak buahnya yang melayani konsumen dengan wajah tanpa ekspresi, betapa perhatiannya sang pemilik warung tadi.
walaupun kecil warung yang dimilikinya, tapi pelayanan menjadi sesuatu yang sangat berharga, setelah memberi nasehat kepada anak buahnya, beliau juga memberikan trik kepada anak buah lainnya yang menangani piring-piring kotor yang harus dicuci, ketika saya bertanya “dari mana asalnya pak?” beliau menjawab dengan sopan sambi tersenyum “saya dari Blitar, ada apa dik?” saya menjawab dengan rasa penasaran “kok bisa jualan sampi disini?” beliau menjawab lagi, “saya ingin mencoba disini, supaya mereka yang ada disini bisa merasakan makanan yang pernah saya rasakan waktu saya masih sma, saya merasakan enak sekali nasi campur itu, apa mungkin saat itu saya sedang kelaparan, saya juga tidak tahu, hahaha”. Pokoknya beliau ingin berbagi rasa makanan yang enak pada masa smanya, beliau mulai mendirikan warung pada tahun 2008 dan memiliki 3 cabang, tapi saya tidak tahu dimana saja,.saya yakin beliau bisa sukses di suatu hari nanti, usahanya sangatlah keras.